Masakan Padang

Posted: August 6, 2009 in Minangkabau

padang-2

Masakan Padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut segala jenis masakan yang berasal dari Sumatera Barat. Semua jenis masakan Minangkabau walaupun bukan berasal dari kota Padang mendapat sebutan masakan Padang. Rumah makan Padang adalah sebutan untuk usaha rumah makan di Indonesia yang khusus menyajikan masakan Padang.

Pengelolaan

Pada umumnya manajemen rumah makan Padang dikelola oleh keluarga atau kaum kerabat sekampung. Pengelola rumah makan Padang banyak menganut falsafah Minang yang demokratis, seperti “barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang” , hal ini terlihat dari pembagian keuntungan yang dibagikan biasanya setiap seratus hari kerja, dengan sistem bagi hasil berdasarkan indeks prestasi. Cara seperti ini, akan mendorong karyawan untuk berprestasi, mereka akan berusaha melayani tamu sebaik-baiknya agar tamu mau datang kembali.

Sistem bagi hasil seperti ini menjadikan karyawan merasa ikut memiliki perusahaan. Untuk memahami pengelolaan rumah makan, setiap karyawan harus melewati proses pengkaderan lengkap khas rumah makan. Biasanya karier mereka dimulai dari pencuci piring, kemudian meningkat sebagai penyiap makanan, pelayan tamu, kasir, hingga menjadi manajer.

Pelayan rumah makan Padang umumnya pria. Jarang sekali profesi pelayan rumah makan Padang dipegang oleh wanita. Hal ini disebabkan tingginya kedudukan wanita dalam adat Minangkabau. Pelayan rumah makan Padang mempunyai keunikan dalam menyajikan hidangan.Mereka akan membawa sejumlah piring hidangan secara sekaligus dengan bertingkat-tingkat/bertumpuk-tumpuk dengan kedua belah atau sebelah tangan saja. Hal ini merupakan atraksi yang cukup menarik bagi para pengunjungnya.

Jaringan

Jaringan rumah makan Padang berkembang dari ujung Sumatera ke Ujung Papua. Data lain dari Ikatan Warung Padang Indonesia (Iwapin) mencatat, di wilayah Jakarta dan sekitarnya ada sekitar lebih 20.000 rumah makan Padang. Sudah menjadi bahasa guyon di masyarakat kalau lihat perempatan pasti ada Warung Padang. Namun sekarang Warung Padang dikelola lebih profesional dalam bentuk franchise seperti Rumah Makan Sederhana yang sangat disukai pencinta masakan Padang karena standarisasi rasa masakan di semua jaringannya.

Menu

Rumah makan Padang menawarkan jenis masakan seperti rendang, ayam pop, sampadeh ikan, gulai gajebo, dendeng balado, cancang, goreng baluik, dan gulai kepala ikan kakap disertai sambal balado serta sayur nangka dan “pucuak ubi“. Selain itu ada menu selingan sebagai pelengkap jika tidak ingin makan nasi seperti Sate Padang, lontong sayur, soto Padang, atau bubur kampiun.

Banyak rumah makan Padang yang masih mengimpor bahan dari ranah Minang. Pengelola rumah makan Padang juga mempertahankan keaslian rasa masakan Minang dengan menggunakan koki dari Sumatera Barat. Atau setidaknya mereka meminta bantuan orang dari Sumatera Barat untuk mengontrol kualitas masakan. Beberapa pengelola rumah makan diluar kota Padang semakin mempertimbangkan tabiat lidah konsumen di luar komunitas Minang, misalnya mengurangi tingkat kepedasan.


Comments are closed.